Kamis, 03 April 2008

WIRELESS BROADBAND

Secara umum, Broadband dideskripsikan sebagai komunikasi data yang memiliki Kecepatan tinggi, kapasitas tinggi menggunakan DSL, Modem Kabel, Ethernet, Wireless Access, Fiber Optik, W-LAN, V-SAT. dsb. Rentang kecepatan layanan bervariasi dari 128 Kbps s/d 100 Mbps.
Tidak ada definisi internasional spesifik untuk Broadband. Dalam Draft RPM Penataan Pita Frekuensi Radio untuk Keperluan Layanan Akses Pita Lebar Berbasis Nirkabel (Broadband Wireless Access) diusulkan definisi Broadband adalah layanan telekomunikasi nirkabel yang memiliki kemampuan kapasitas diatas kecepatan data primer “2 Mbps” (E1) sesuai ITU-R F.1399-1.
Pada kuartal ke-4 tahun 2007 ini, genap satu tahun teknologi 3G hadir di tengah masyarakat Indonesia. Dan seperti halnya ketika teknologi 2,5G hadir, di tahun pertama kehadiran teknologi 3G para operator pemegang lisensi 3G lebih memfokuskan diri untuk memperkenalkan teknologi 3G kepada masyarakat. Berbagai program edukasi pasar pun telah dilakukan oleh operator-operator pemegang lisensi 3G tersebut. Tentu kita masih ingat ketika para operator dengan gencarnya beriklan di berbagai media massa mengenai kecanggihan fasilitas 3G masing-masing, melakukan roadshow di berbagai kota, dan memberikan promosi berupa video call yang tidak dikenakan biaya sama sekali.(sumber tpurwanto.blogspot.com)

Tidak ada komentar: